BERONJONG PENAHAN AIR KINAL SEGERA DIBANGUN

Kinal – Senin (7/8) Masyarakat Kecamatan Kinal menyambut dengan sangat baik program pembangunan Bronjong Penahan Air Sungai sepanjang 150 M yang berlokasi di Desa Jawi. Karena sudah sangat lama dinantikan dan sudah beberapa kali diusulkan melalui pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Pembangunan beronjong ini sangat tepat sebab sangat berguna sekali bagi masyarakat yang berada dan punya usaha disekitar sungai terutama untuk melindungi Tempat Pemakaman Umum (TPU) milik dua desa yakni Desa Jawi dan Gedung Wani yang sekarang ini kondisinya sangat memprihatinkan bahkan sudah ada beberapa makam yang terbawa arus sungai air kinal ketika sedang banjir.

Menurut seorang Tokoh masyarakat Desa Jawi yang juga sebagai pengawas pekerjaan, Yusdi Parman mengatakan bahwa memang saat ini masih dalam tahap persiapan pembangunan. Pengerjaannya baru akan dimulai sekitar seminggu lagi dan sumber dananya adalah dari APBD.

Masyarakat sudah sangat antusias menyambut proyek pembangunan ini terbukti dengan banyaknya orang yang mau mengangkut/mengumpulkan batu-batu dari sungai walau dengan upah yang tidak besar. Dengan diberikan kesempatan untuk ikut serta dalam pekerjaan ini saja sebetulnya masyarakat sudah sangat senang.

Lebih lanjut lagi Yusdi Parman berharap, pembangunan ini terus berlanjut dan dapat ditingkatkan tidak hanya beronjong yang 150 M itu saja tapi kalau bisa disambung lagi hingga beberapa ratus meter kearah hilir karena sebagian besar masyarakat masih banyak yang memiliki usaha pertanian dipinggiran sungai. Tentunya harapan besar ini tidak serta merta dapat segera terwujud, harus melalui tahapan – tahapan tertentu dan pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit.