SOSIALISASI PEMBENTUKAN TIM PELAKSANAAN INOVASI DESA (TIPD) KECAMATAN SEMIDANG GUMAY

Pendamping Desa program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Kaur mulai mensosialisasikan pembentukan Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) tingkat kecamatan semidang gumay kamis, 04 oktober 2017.

Sosialisai Program inovasi desa, yang diadakan dikecamatan semidang gumay kab.kaur dibuka langsung oleh Bapak Camat Nurhanudin, S.Pd. 13 Desa yang ada dikecamatan Semidang Gumay siap menjalankan Program Inovasi Desa (PID) sesuai rancangan pusat, suatu program berdasarkan hasil kerja desa-desa di Indonesia dalam pembangunan untuk ditularkan secara luas.

Garis besar dari program inovasi desa ini ialah penguatan dan pengembangan pemanfaatan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat kepada pemerintah desa.Tiga bidang yang mencakup program inovasi desa ini yaitu, pengembangan ekonomi desa, sumber daya manusia, dan infrastruktur yang bersifat inovatif.
kerangka pikir TPID intinya meliputi tiga hal, yakni pembangunan serta pengembangan kewirausahaan, pembangunan sumberdaya manusia, dan pembangunan infrastruktur sesuai kebutuhan lokal.

Sedangkan untuk menuju keberhasilan pembangunan tersebut, maka diperlukan beberapa hal seperti kemampuan dalam berinovasi dan pengelolaan pengetahuain yang meliputi identifikasi, dokumentasi, dan replikasi inovasi desa.

Kemudian kemampuan dalam menghitung keperluan desa yang meliputi pembangunan ekonomi maupun pembangunan SDM yang didanai dari dana desa, sehingga ke depan bisa menjadi desa yang mandiri.

Untuk indikator keberhasilan kinerja PID, lanjutnya, di bidang kewirausahaan meliputi pengembangan usaha ekonomi desa melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan berkembangnya produk unggulan di desa-desa.

Dana yg disiapkan oleh pemerintah untuk 13 desa yg ada dikecamatan Semidang Gumay sebesar Rp. 52.000.000,00. Dalam hal pembagiannya tidak semua desa yg mendapatkan dana langsung ini,akan tetapi dipilih 7 desa yang terdiri Dari 4 orang Dari perempuan Dan 3 orang laki- laki.kenapa wanita lebih diutamakan? Ini adalah salah satu Cara untuk meningkatkan semangat Emansipasi wanita agar lebih berkarya dalam hal pembangunan desa tentunya. “Ujar Arlan”. (nisa)

Share