POLRES KAUR APEL GELAR PASUKAN OPS ZEBRA NALA 2017

Kepolisian Resort Kaur melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Nala 2017, Rabu (1/11/2017) dihalaman Mapolres Kaur. Operasi Zebra Nala  yang digelar, melibatkan ratusan personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan Dinas Perhubungan, yang akan dilaksanakan selama 14 hari ke depan mulai 1 November – 14 November 2017.

Wakapolres Kaur, Kompol Afizal, S.Sos yang bertindak sebagai Inspektur upacara dalam amanatnya, sekaligus menyampaikan sambutan serentak Kepala Korp Lalu Lintas Polri, Inspektur Jendral Drs Royke Lumowa, M.M mengatakan bahwa Apel gelar pasukan ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Dalam sambutan yang dibacakan itu, dipaparkan jumlah kecelakan lalu lintas pada 2016 menurun dibandingkan 2015. Jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2016 sejumlah 2.623 kejadian, mengalami penurunan 518 kejadian 16 persen. Dibandingkan periode sebelumnya 3.141 kejadian.

Dan jumlah korban meninggal dunia operasi zebra tahun 2016 sejumlah 649 orang. Mengalami penutunan 129 orang atau 17 persen dibandingkan periode sebelumnya 2015 sejumlah 778.

Jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2016 sejumlah 356.101 pelanggaran dengan tilang sebanyak 228.989 lembar dan teguran sejumlah 127.112

“Kita menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tersebut tidak bisa berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut dengan memberdayakan seluruh Stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas,” tambah wakapolres

Wakapolres juga menjelaskan Maraknya penyalahgunaan rotator, sirine dan lampu strobo pada kendaraan pribadi juga menjadi sasaran Ops Zebra Nala 2017 ini

“Sasaran Operasi Zebra kali ini juga kepada kendaraan bermotor yang menggunakan strobo, rotator dan sirine berikut pelanggaran lainnya. Jika nanti pada saat operasi di dapatkan pengendara yang kendaraannya terdapat barang tersebut, langsung kami tilang dan dicopot oleh pemiliknya di hadapan kami,” jelas wakapolres.

Wakapolres menyebutkan, lampu strobo, sirine dan rotator itu digunakan hanya untuk kendaraan dinas seperti kepolisian, pemadam kebakaran, TNI dan ambulance. Karena sudah diatur dalam Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Dalam aturan tersebut sudah jelas disebutkan bahwa warna biru khusus kepolisian, tronton atau mobil besar warna kuning, ambulance warna merah. Jadi yang berhak menggunakan itu hanya beberapa instansi, oleh karenanya masyarakat umum tidak berhak untuk menggunakan strobo, sirine dan rotator,” kata wakapolres.

Wakapolres mengingatkan kembali, bagi kendaraan yang kedapatan melanggar dengan memasang lampu rotator, strobo dan sirine tanpa hak, sebagaimana Pasal 287 ayat 4, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor melanggar ketentuan mengenai penggunaan atau hak utama alat peringatan dengan bunyi dan sinar seperti yang dimaksud dalam Pasal 59, Pasal 106 ayat 4 huruf F atau Pasal 134 dapat dipidana dengan kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

“Melalui Operasi Zebra Nala tahun 2017 ini, kita wujudkan polisi yang profesional, modern dan terpercaya guna menciptakan situasi kamseltibcarlantas yang mantap di wilayah hukum Polres Kaur” tambah Wakapolres.

“Untuk masyarakat Kaur kami himbau untuk peran aktif dan kerjasamanya dalam mensukseskan Operasi Zebra Nala 2017 di wilayah Polres Kaur dengan cara tertib berlalu lintas, Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan dan utamakan keselamatan sebagai kebutuhan,” pungkas Wakapolres.

Gelar Pasukan Ops Zebra Nala 2017  juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kaur Jailani, S.IP, Wakil Bupati Kaur Hj. Yulis Suti Sutri SKM, Perwira Penghubung Kodim 0408, Perwakilan Kejaksaan Negeri Bintuhan, Perwakilan Pengadilan Negeri Bintuhan, Satpol PP, Dishub, dan Pramuka. (tp)