Dinkes Gelar Lomba Senam Jantung Sehat dan Kreasi

Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur menggelar lomba senam jantung sehat dan senam kreasi dalam rangka persiapan pencanangan Germas (Gerakan Masayarakat Sehat) di Kabupaten kaur yang akan di canangkan selasa depan (7/11/2017), Jumat (4/112017). Lomba ini dibuka langsung  oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Juli Sarti, SKM.

“Lomba ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran jajaran para tenaga kesehatan juga sebagai persiapan kita untuk mencanangkan germas minggu mendatang serta menjadi ajang silaturahmi bagi pegawai di bawah naungan dinas kesehatan dan RSUD” tutur Juli

“Kita akan mencanangkan Germas, jadi kita harus member contoh dulu kepada masyarakat bawah kita sehat, jangan sampai kita mengajak masyarakan sehat kitanya tidak sehat, makanya kita lomba dulu” tambah Juli

Juli Juga menambahkan  pentingnya menggalakkan gerakan masyarakat sehat (Germas) yang dicanangkan Presiden Jokowi. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas penduduk dan menciptakan lingkungan bersih dan sehat sehingga angggaran biaya untuk berobat bisa berkurang.

Saat ini, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain. Dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah, menurunnya produktifitas masyarakat, menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Gerakan masyarakat hidup sehat” adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa ; untuk itu GERAKAN MASYARAKAT (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

“Lomba senam kali ini juga termasuk salah satu wujud Germas. Saya berharap nanti yang menang dan yang kalah harus legowo, lomba ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi para pegawai dibawah naungan Dinas Kesehatan dan RSUD” pungkas Yuli Sarti.

Lomba senam Jantung sehat dan senam kreasi ini di ikuti 20 Tim terdiri dari 16 puskesmas, RSUD Kaur dan 3 bidang di Dinas Kesehatan. (tp)