Sidak, Disperindakop dan UKM Tak Temukan Makanan Kadaluarsa

Disperindagkop dan UKM Kabupaten Kaur kembali menggelar inspeksi mendadak atau sidak di pasar Impres dan beberapa toko di kecamatan Kaur selatan, Senin (06/11/2017).

Dalam sidak yang dipimpin langsung oleh Kabid Perdagangan Agus Suryanto, S.Pd, satu persatu makanan dan minuman diperiksa oleh tim, namun dalam sidak kali ini tim hanya mendapati makanan yang tidak berlabel, sementara untuk makanan yang telah melewati batas waktu (kadaluarsa) belum ditemukan.

“Kami belum menemukan adanya makanan ataupun minuman yang telah kadaluarsa,” terang Agus saat melakukan sidak.

Mengenai makanan yang tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa dan tanpa label tidak disita, hanya diberikan pemahaman kepada pihak pengelolah untuk dicantumkan label.

Menurut Agus, makanan yang tidak memiliki label tidak menyalahi aturan. “Makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa, dikembalikan ke perusahaan untuk dilabel kembali,” ujarnya.

Agus  menambahkan, Sidak ini sebagai upaya memberikan rasa aman bagi masyarakat. Ini upaya preventif sebelum terjadi permasalahan terkait peredaran makanan dan minuman kadaluarsa tanpa ada kontrol sehingga ingin mengambil keuntungan besar, meski masyarakat sangat dirugikan.

“Kita hanya mau memastikan peredaran minuman kadaluarsa di Kabupaten Kaur tidak ada, kalau ada kami sita, sehingga tidak mengakibatkan kerugian bagi pembeli akibat pedagang nakal yang menjual barang dengan harga murah tetapi tanggal kadaluarasa tidak diperhatikan,” kata Agus

Agus menegaskan bahwa sidak seperti ini akan dilakukan berkala. Dia juga menghimbau kepada para konsumen lebih berhati-hati dalam membeli berbagai jenis makanan dan minuman. (tp)