GERMAS, PMI Kaur Gelar Donor darah

Palang merah Indonesia Kabupaten Kaur mengadakan kegiatan Donor Darah, Kegiatan Donor Darah tersebut merupakan rangkaian kegiatan pencananangan Germas di Kabupaten Kaur yang dipusatkan di lapangan merdeka bintuhan, Senin (7/11/2017. Kegiatan yang dilaksanakan Selama satu hari ini hanya berhasil mengumpulkan  sebanyak 25 kantong darah berbagai golongan .

Menurut Wakil ketua bidang Pelayanan Sosial PMI Kabupaten Kaur dr. handi Zailan Nasution mengatakan antusias masyarakat kabupaten kaur yang ingin mendonorkan darahnya sangat tinggi terbukti dengan ramainya kunjungan masyarakat ke bus UDD PMI, namun banyak yang gagal melakukan donor darah karena persyaratan yang tidak terpenuhi, persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melakukan donor darah diantaranya berat badan minimal 50kg, HB minimal 12,5, dan tensi minimal 110/70.

Handi juga menjelaskan mendonorkan darah secara rutin, akan memberikan efek baik bagi kesehatan. Minimal tiga bulan sekali atau empat kali dalam setahun melakukan donor darah, maka sel-sel darah akan selalu berganti dengan sel yang baru. Selain itu, juga memberikan keleluasaan bagi jantung untuk memompa.

Manfaat donor darah bersifat Simbiosis mutualisme, karena  setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya. Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat pendonor menjadi lemas adalah salah. Pada saat proses donor darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru,

“Ini wujud nyata kepedulian kita terhadap masyarakat dalam bidang kemanusiaan, melalui setetes darah yang kita sumbangkan kita harapkan dapat meringankan penderitaan masyarakat yang membutuhkan,” tutup Handi. (tp)