Musim Tanam, Babinsa Turun Ke Sawah

Sinergi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Tentara Nasional Indonesia bersama petani di Desa Sekunyit  Kecamatan Kaur Selatan dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian Padi Sawah seluas 15 Hektar terus ditingkatkan, Tidak hanya sebatas melakukan penyuluhan dan sosialisasi, para Babinsa tidak sungkan untuk terjun langsung ke dalam sawah.

Kegiatan ini merupakan suatu kepedulian TNI-AD khususnya Kodim 0408 BS – Kaur dalam membantu pemerintah daerah menyukseskan swasembada pangan di kabupaten Kaur, sekaligus melaksanakan Instruksi Dandim 0408 BS – Kaur yang memerintahkan Babinsa membantu petani.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 04 Kaur Selatan, Sertu Enus Tasri, Selain Untuk mensukseskan Swasembada Pangan Nasional, juga untuk memberikan motivasi kepada para petani untuk mengolah lahan mereka dan juga memonitor pekerjaan para petani dalam menggarap sawah di wilayah binaannya.

Dalam pelaksanaan tugasnya Sertu Enus Tasri selalu berupaya untuk membantu masyarakat di daerah binaannya sesuai dengan kemampuannya sehingga dalam proses penanam padi dapat dilakukan dengan baik dan manghasilkan kualitas padi yang bagus.

“Kami selalu ada dalam setiap proses atau tahapan pengolahan sawah. Pendampingan supaya petani kita bertambah semangat. Seperti melakukan kerja sama meliputi penyuluhan pertanian, pendistribusian bibit dan pupuk dan  turun ke sawah dalam membantu petani,” ungkap Sertu Enus Tasri, Sabtu (11/11/2017) di areal persawahan kelompok Jembatan Kecil desa sekuyit.

Sementara itu Menurut Komandan Rayon Militer (Danramil) 0804 – 04/Kaur Selatan  Kapten Inf A.P Simatupang menyampaikan Keterlibatan Babinsa diharapkan mampu membantu meningkatkan hasil panen petani. Selain itu, menguatkan motivasi petani untuk mengelola lahan pertanian mereka

Danramil mengatakan pendampingan terhadap petani memang sering dilakukan, sesuai dengan instruksi Dandim 0408 BS-Kaur bahwa tugas Babinsa disetiap wilayah berperan aktif memberikan dukungan terhadap program pemerintah dibidang ketahanan pangan.

Danramil berharap pendampingan dengan turun langsung  yang dilakukan Babinsa dapat terus berlanjut sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional dan Babinsa selalu menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan, terutama dalam pendampingan dalam program swasembada pangan. (tp)