MUSIM HUJAN, MUSIM TANAM PADI DI DESA PADANG PETRON KECAMATAN KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR

Bintuhan – (14/11/2017) Ternyata tidak semua musim hujan membawa bencana bagi manusia di muka Bumi ini. Buktinya musim hujan yang melanda Kabupaten Kaur akhir-akhir ini membawa berkah yang positif khususnya bagi para petani di Kabupaten Kaur. Pada musim hujan kali ini di manfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Kaur untuk menanam Padi yang sudah menjadi tradisi Masyarakat Kaur setiap Tahunnya karena sebagian besar Petani di Kabupaten Kaur masih mengandalkan alam untuk menanam Padi alias Sawah tadah Hujan.

Musim tanam padi tahun ini dilakukan hampir serentak di Kabupaten Kaur, antara lain musim tanam dilakukan di Desa Padang Petron Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Biasanya yang bertugas menanam padi adalah kaum Hawa alias rombongan ibu-ibu sementara kaum Adam atau Bapak-bapak bertugas membajak sawah atau menjalankan alat bajak sawah (Traktor) dan juga membuat pagar agar tidak di masuki Sapi, kerbau dan Kambing setelah selesai ditanami.

Sistem yang digunakan dalam melakukan Tanam padi ini adalah sistem Gotong Royong atau sering disebut Tibean oleh Masyarakat Kaur.Dalam sistem ini semua anggota atau rombongan yang melakukan tanam padi ini harus memiliki sawah sendiri.Namun untuk membajak sawah atau yang menjalankan Traktor harus menyuruh orang utuk di upah dalam pengerjaannya, biasanya dikerjakan oleh dua orang yang sudah mahir dan berpengalaman dalam menjalankan alat pembajak sawah atau Traktor tersebut.

Kepala Desa Padang Petron Edi Sumitro mengatakan “ Alhamdhulillah pada tahun ini Penduduk Desa Padang Petron melakukan tanam padi serentak karena sudah menjadi kesepakatan bersama warga Padang Petron. Beliau juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur dalam membatu para petani dengan memberikan bantuan alat bajak sawah (Traktor) melalui Kelompok Tani Desa Padang Petron.Pasalnya semenjak adanya alat Traktor ini sangat meringankan para petani dalam mengerjakan pekerjaan sawah, dari awal menggarap sawah sampai dengan proses bertanam padi.

Dalam musim tanam kali ini diharapkan semua berjalan lancar sesuai apa yang diharapkan oleh para petani, agar dalam Tiga bulan kedepan para petani di Desa Padang Petron dapat menuai hasil panen yang maksimal, supaya terpenuhi kebutuhan hidup sehari-hari serta dapat membantu perekonomian warga dalam menjalani kehidupan berumah tangga.( Bny.)