Bupati Menghimbau Optimalisasi Pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah di Kabupaten Kaur

Bintuhan – Dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan RasulNya Muhamad SAW. Pemerintah Kabupaten Kaur mengajak kaum muslim di Kabupaten Kaur untuk dapat menunaikan kewajiban sebagai orang muslim dengan membayar Zakat , Infaq , dan Shadaqah (ZIS) demi kebaikan dan kemaslahatan kita bersama untuk menjadikan kita umat muslim menjadi lebih baik lagi  serta akan terorganisirnya dana dengan baik dan tepat sasaran kepada orang orang yang berhak menerima Zakat, Infaq , dan Shadaqah (ZIS). Jadi tidak ada sistem pilih kasih, apabila memang masyarakat itu layak untuk di beri membayar Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS) Maka hak – hak mereka akan di berikan. Berdasarkan Al – Quran dan Assunnah dan juga berpedoman pada :

  1. Undang – undang No 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat.
  2. Peraturan Pemerintah No 14 tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat.
  3. Peraturan badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2016 tentang pembentukan dan tata kerja unit pengumpul zakat.
  4. Surat Dirjen bimas islam kementrian agama RI No DJ.II/4/I/BA/.03/1945/2013 tanggal 23 September 2013 Perihal Pembentukan UPZ di lingkungan instansi Pemerintah , Swasta dan Masyarakat .
  5. Surat Gubernur Bengkulu Nomor : 451.12/453/B.3 Tanggal 27 September 2013 Perihal Ajaran penyaluran Zakat melalui badan amil zakat daerah.
  6. Surat Gubernur Bengkulu Nomor : 451.12/453/B.3 Tanggal 14 November 2013 tentang Zakat  Profesi / penghasilan.
  7. Surat Baznas kaur Nomor : 031/ BAZNAS-KK/X/2017 Perihal permohonan dukungan Optimalisasi Pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah.

Bapak Bupati Kabupaten Kaur Bapak Gusril Pausi. S.Sos memberikan surat edaran kepada Ketua dan anggota DPRD Kaur, Kejari Bintuhan, Ketua PN Bintuhan, Kapolres Kaur, Komandan Kodim 0408 B/S, Kepala Kemenag Kaur, Kepala Dinas /Badan/ Kantor, Kepala Kantor/ Instansi Vertikal, Camat Se – Kabupaten Kaur, Kabag di lingkungan SETDA, Pimpinan lembaga/BUMN/ BUMD/Perusahaan Swasta/Organisasi Se – Kabupaten Kaur, Imam/Pengurus Masjid Se – Kabupaten Kaur. Supaya dapat mengoptimalkan Zakat, Infaq dan Shadaqah dengan mengoptimalkan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) di lingkungan kerja/Lembaga yang di Pimpin.

Adapun yang harus di perhatikan dalam pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah di lembaga atau tempat kerja Dalam Pemerintahan Kabupaten Kaur Bahwa:

  • Bagi yang belum aktif dalam pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah agar kiranya dapat mengumpulkannya dengan ketentuan :
    • Penghasilan di atas Rp. 3.600.000,- ( Tiga Juta Enam Ratus Rupiah ) Wajib Mengeluarkan Zakat 2,5 % setiap bulan
    • Penghasilan Kurang dari Rp. 3.600.000,- ( Tiga Juta Enam Ratus Rupiah ) Mengeluarkan Infaq atau Bersedekah Rp.15.000 Setiap bulan
  • Bagi yang suda aktif agar kiranya untuk mengoptimalkan pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah di lingkungan masing – masing.
  • Setiap satuan kerja /Lembaga/Organisasi/Masjid yang belum membentuk Unit pengumpulan Zakat (UPZ) agar segera membentuk UPZ dengan berkoordinasi dan mengumpulkannya kepada BAZNAZ Kabupaten.
  • Dana Zakat, Infaq dan Shadaqah hasil pengumpulan  oleh UPZ agar di setorkan seluruhnya  kepada BAZNAZ  Kabupaten Kaur pada Rekening :
    • BANK BENGKULU Nomor : 302.01.06.0000.13. AN BAZDA Kabupaten Kaur
    • BANK BENGKULU Kantor Capem Bintuhan Nomor : 0495346104 AN. Amil Zakat Nasional Kab. Kaur.
    • BRI 5684 Unit Bandar Bintuhan Manna Nomor : 5684-01-017055-53-2 AN Baznas Kabupaten Kaur.
  • Untuk meningkatkan aktivitas kerja BAZNAS kiranya Bapak/Ibu/ Saudara/i dapat menyampaikan laporan nama – nama Muzzaki (Pembayar Zakat, Infaq dan Shadaqah) dan jumlah yang terkumpul setiap bulan kepada BAZNAS Kabupaten Kaur dengan alamat Kompleks lantai dasar Masjid Agung AL – KAHFI Bintuhan Kabupaten kaur/ depan lapangan Mardeka Bintuhan.
  • Bagi UPZ yang berkeinginan menyalurkan dana ZIS kepada Mustahik (Penerima Zakat) di lingkungan UPZ yang bersangkutan agar menyampaikan program dan data Mustahik binaanya kepada BAZNAS Kabupaten Kaur dan siap bertanggung Jawab Terhadap penyaluran dan pengelolaanya.