Bupati Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Ikan yang kaya protein ternyata bisa menjadi olahan yang menarik dan lezat. Di tangan Ibu-ibu Tim Penggerak PKK ikan diolah menjadi kreasi yang menggoda lidah menjadi hidangan keluarga seperti pepes, siomay, Sate, Aneka gulai, mpek-mpek, Bakso dan lain-lain. Kehebohan ini terlihat saat lomba Masak serba ikan di Gedung Serba Guna padang Kempas yang bertajuk “Mari Kita Galakan masyarakat Gemar Makan Ikan demi terciptanya Anak bangsa yang sehat, cerdas dan Kuat ” dalam rangka memeriahkan Hari Ikan Nasional, Selasa (21/11/2017).

Bupati Kaur Gusril Pausi, S.Sos yang membuka langsung kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan lomba ini merupakan kreasi untuk menciptakan berbagai menu berbahan ikan untuk memenuhi kebutuhan gizi. “Ikan mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya omega 3 yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan”, paparnya.Bupati berharap agar masyarakat Kaur membudayakan mengkonsumsi ikan, terutama bagi anak-anak. “Berdasarkan penelitian, pembentukan generasi yang baik ditentukan sejak bayi samapi usia 3 tahun. Artinya pembentukan generasi harus disiapkan sedini mungkin”, tuturnya

“Makan ikan merupakan hal yang bagus, semakin banyak makan ikan semakin sehat tetapi harus juga di imbangi dengan sayur-sayuran dan buah-buahan serta olahraga yang cukup” ucap Bupati

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Edward Happy mengatakan Tujuan diadakannya lomba ini ialah untuk menyebarluaskan dan menginformasikan gemar makan ikan sebagai sumber protein. Ikan dipilih sebagai bahan dasar masakan dalam lomba  ini dan diikuti oleh TP-PKK kecamatan Se kabupaten Kaur.

Edward menambahkan bahwa lomba ini memacu kreatifitas Ibu-ibu dalam hal memasak ikan. Sebab memasak ikan menurutnya tidak hanya dengan cara digoreng, digulai, atau dibakar saja. Ia berharap agar kreatifitas ini dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari.

“Saya harap memasak ikan dengan berbagai kreasi dan inovasi ini bisa disosialisasikan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari”, katanya.Lomba Masak Serba Ikan yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kaur ini merupakan langkah awal untuk melihat berbagai peluang, serta meningkatkan daya saing. Kegiatan peningkatan mutu produk perikanan, efisiensi usaha dan distribusi serta peningkatan akses pasar agar produk perikanan, dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

“Hal ini tentunya sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional, yang mengamanatkan untuk meningkatkan konsumsi ikan nasional,” sampainyaLomba masak berbahan dasar ikan ini di ikuti oleh 15 TP PKK kecamatan dan sebagai juara satu jatuh pada TP PKK Kecamatan Tetap,  sedangkan juara dua diraih oleh PKK Kecamatan Kaur Tengah, PKK Kecamatan Maje meraih posisi juara tiga. Sementara juara Harapan satu diraih Kecamatan Padang Guci Hilir.

Selain lomba masak ikan di tempat yang sama juga diadakan lomba makan tekwan ikan dan senam ikan untuk anak-anak PAUD. (tp)