BAPPEDA ADAKAN SOSIALISASI PENYEDIAAN DAN PEMANFAATAN DATA SATELIT PENGINDERAAN JAUH

Bintuhan – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Kaur Pada hari Rabu (20/11.) mengadakan kegiatan Sosialisasi Penyediaan dan Pemanfaatan Data satelit Penginderaan Jauh Tentang Penggunaan Lahan Dalam Rangka Pengembangan Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Tahun 2017. Kegiatan ini bertempat di Aula BAPPEDA Kabupaten Kaur, yang di ikuti oleh 15 OPD yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur. Dalam acara ini pihak BAPPEDA sengaja mengundang Narasumber dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Jakarta, yakni M. Priyatna, S. Si. M.T.I menjabat sebagai Kabid Diseminasi LAPAN dan Dr. Dede Dirgahayu Domiri, M. Si menjabat sebagai Peneliti Madya, Pusfatja LAPAN.

Dikatakan oleh M. Priyatna, S. Si. M.T.I Penginderaan Jauh dalam istilah LAPAN adalah Ilmu pengetahuan dan seni dalam memperoleh informasi tentang suatu objek, wilayah, atau fenomena yang dilakukan melalui analisis data yang diterima oleh suatu alat yang tidak bersentuhan langsung dengan objek, wilayah, atau fenomena yang diamati. Ditambahkan beliau bahwa sumber energi dalam proses penginderaan jauh terdiri atas 2 Sistem yakni Sistem Pasif dan Sistem Aktif. Sistem Pasif adalah system yang menggunakan energi sinar matahari sedangkan Sistem Aktif merupakan sistem yang menggunakan energi buatan, seperti gelombang mikro.

Tujuan dilakukannya Sosialitasi ini adalah untuk Penyediaan, Pemanfaatan data Satelit Penginderaan Jauh untuk mendukung Percepatan Pembangunan Daerah  serta mengajak semua OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten kaur,  yang terkait dalam masalah ketahanan pengan. Tujuan lain kegiatan ini  untuk memperoleh Informasi dan Data yang Akurat Terhadap Perkembangan Lahan Pertanian, Perikanan dari proses awal sampai dengan masa panen serta bisa Mendeteksi Kemungkinan –kemungkinan yang akan terjadi yang diakibatkan oleh Fenomena Alam. Selain dari pada itu melalui Kegiatan ini diharapkan Kabupaten Kaur bisa Menjaga dan Mempertahankan Produksi Panganya agar Tetap Stabil supaya kebutuhan pangan sehari-hari terpenuhi, seperti yang diharapkan dan terwujudnya  Kemandirian Pangan, Ketahanan dan Kedaulatan Pangan.

Melalui kesempatan ini, dikatakan oleh Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam BAPPEDA Kabupaten Kaur  Heriyanto Akbar, ST “ Kedepan kegiatan ini akan di adakan kembali dengan Bimtek masalah Penginderaan Jauh yang akan melibatkan seluruh OPD Kabupaten Kaur. Diakui oleh Heriyanto Akbar, ST dalam Sosialisasi kali ini Cuma di undang sebanyak 15 OPD karena Tema yang dibahas adalah masalah Ketahanan Pangan jadi tidak semua OPD yang diundang” ujarnya.(Bny.)