PELAKSANAAN UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN 2017 TINGKAT SMP/MTs DI KABUPATEN KAUR

Bintuhan – Berdasarkan kalender pendidikan pada bulan Desember 2017 ini seluruh Siswa-Siswi tingkat SMP/MTs Se-Kabupaten Kaur melakukan tahap evaluasi belajar atau sering di sebut dengan Ujian Semester Ganjil. Ujian Semeter Ganjil tingkat SMP/MTs tahun 2017 dimulai serentak Pada hari Senin (04/12) di seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Kaur. Sementara Ujian Semester Ganjil tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) di mulai sejak Kamis (30/11), hal ini dikarenakan jumlah Mata Pelajaran untuk Sekolah Madrasah Tsanawiyah lebih banyak dari pada Mata Pelajaran di SMP/SLTP.

Dikatakan oleh Kepala Sekolah MTsN 1 Kaur Sarif Ahmad, S. Pd bahwa “ Memang pelaksanaan Ujian Semester Ganjil/ Genap  setiap Tahun itu berbeda antara SMP/SLTP dengan MTs karena jumlah Mata Pelajaran Agamanya untuk MTs itu lebih banyak dibanding SMP/SLTP ”. Namun hal itu bukan menjadi permasalahan serius karena semua Sekolah itu bagus,  tinggal tergantung pada Anak atau Wali murid itu sendiri yang menilai kualitas dan manfaat bagi anak agar menjadi anak yang berguna bagi dirinya sendiri, Agama dan Bangsa.

Tahap Evaluasi Belajar atau Semeteran itu wajib dilakukan oleh setiap Sekolah mulai dari Tingkat SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi. Hal itu dmaksudkan untuk menilai tingkat keberhasilan Siswa – Siswi  dalam Proses Belajar Mengajar yang dilakukan selama 6 bulan Pertama atau sering disebut dengan Ujian Semester Ganjil, dan selanjutnya Evaluasi Belajar/ Penilaian tahap kedua yakni 6 bulan berikutnya atau disebut dengan Ujian Semester Genap,  yang akan menentukan kenaikan kelas untuk Sekolah tingkat SD/MI (kelas 1-5), tingkat SMP/SLTP (kelas 7-8) dan  Tingkat SMA/SMK (kelas 10-11). Sementara itu pada Semester Genap dilakukan Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) yang berlaku khusus untuk kelas 6 (SD/MI), kelas 9 (SMP/MTs) dan kelas 12 (SMA/SMK). Sementara untuk Tingkat Perguruan Tinggi Ujian Semester digunakan untuk menentukan Nilai atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Oleh sebab itu diharapkan kepada seluruh Pelajar dan Mahasiswa yang ada di Kabupaten Kaur ini, jangan menjadikan Ujian Semester hanya semata – mata  ingin mendapatkan Nilai yang bagus, tetapi hendaknya Ujian Semeter juga dijadikan sebagai koreksi untuk diri kita mendapatkan Ilmu Pengetahuan dan Skill yang bermanfaat, demi meraih Impian atau Cita-cita yang di inginkan setelah lulus nanti.( Bny.)