RAPAT PERSIAPAN PENGGUNAAN SISTEM ELEKTRONIK DI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KAUR

Bintuhan – Memasuki era globalisasi dan kemajuan teknologi sekarang ini, tentunya sangat diperlukan sekali kemampuan dan keahlian tinggi dan berkualitas  yang dimiliki oleh Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya SDM yang ada di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur, agar nantinya kita tidak ketinggalan dengan Daerah-daerah lain. Di zaman sekarang ini semua kegiatan di masyarakat mau pun di Pemerintahan hampir semua menggunakan kemajuan teknologi yang didukung oleh jaringan Internet yang sangat cepat,  seperti 3G atau pun 4G yang ada di setiap Daerah di seluruh Indonesia.

Menyikapi masalah ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian bekerja sama dengan Badan Keuangan Daerah. Pada hari Senin, 22 Januari 2018  mengadakan acara Rapat Pembahasan Persiapan Kegiatan E- Planning, E- Budgeting dan E- Aset, yang bertempat di Ruang Rapat Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kaur. Dalam Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Kaur Asman Suhadi, SP dan di hadiri oleh Perwakilan dari semua OPD Kabupaten Kaur. Disamping itu Rapat ini juga membahas tentang Hibah Lahan/ Lokasi yang akan di bangun Gedung Pengadilan Agama Kabupaten Kaur yang merupakan salah satu Rencana Pemerintah Daerah dan Kemenag Kabupaten Kaur saat ini.

Dikatakan Sekretaris Kominfo Asman Suhadi, SP dalam Rapat,  bahwa Dinas Kominfo siap menjalankan, mempasilitasi serta membantu seluruh kegiatan di seluruh OPD yang berhubungan dengan Elektronik, seperti E-Planning, E- Budgeting, E- Gavermen, E- Perizinan dan E- Aset yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur sesuai dengan Instruksi Keminfo RI yang mewajibkan seluruh Instansi Pemerintahan di Indonesia untuk menggunakan sistem Elektronik dalam bekerja. Lanjut Sekretaris Kominfo hal yang terpenting dalam masalah ini adalah semua Kegiatan E- Planning dan E- Budgeting yang ada di setiap OPD Kabupaten Kaur harus seragam dan sinkron, agar tidak ada ketimpangan, kerepotan dan kerancuan dalam informasi dan pengolahan data nantinya.

Tujuan dari rapat ini adalah membahas sekaligus menyampaikan pendapat dan saran mengenai masalah persiapan semua kegiatan berbasis Elektronik yang akan di terapkan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur. Dengan  diterapkannya  Sistem Elektronik di Pemda Kaur diharapkan dapat memudahkan pekerjaan di setiap OPD, dan akan menghasilkan Informasi serta Data yang lebih baik dari pada sistem manual yang di pakai selama ini, demi meningkatkan kualitas pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kaur khususnya. ( Bny.)