PARTISIPASI TNI – POLRI DALAM PEMBANGUNAN DAERAH

Bintuhan – Keberadaan TNI dan POLRI sangat di butuhkan sekali di Negara ini. Keberadaan mereka sangat berperan dalam menciptakan rasa aman, damai serta melindungi masyarakat, begitu juga dengan hadirnya KODIM dan POLRES di Kabupaten Kaur ini tentunya sangat di harapkan existensinya dalam melakukan kerja sama untuk membangun masyarakat Kaur yang aman dan nyaman serta mendukung setiap Program yang di rancang oleh Pemerintah Daerah demi mewujudkan Pembangunan yang merata di segala bidang dan aspek kehidupan di Kabupaten Kaur ini.

Kekompakan dan hubungan yang baik antara Kodim 408-04 Kaur Selatan  dan Polres Kaur tampak terlihat saat mereka bertugas mengamankan acara malam pergantian tahun atau malam tahun baru (31/12) di Tempat Wisata Danau Kembar yakni di Kecamatan Maje Kabupaten Kaur beberapa waktu yang lalu, yang dihadiri oleh Bupati Kaur Gusril Pausi, S. Sos beserta Wakil Bupati Hj. Yulis Suti Sutri, SKM.  Pengaman yang ketat tampak terlihat di lokasi tersebut, diantaranya dengan kedatangan beberapa personil gabungan dari Brimob dan Kodim 408-04 Kaur yang bersenjata lengkap untuk mengamankan kelancaran acara tersebut dari gangguan dan tindakan anarkis serta  kriminal yang di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dengan adanya hubungan yang baik antara TNI dan Polres Kaur, diharapkan dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat Kaur khususnya dalam melakukan setiap tindakan, karena kedua alat Negara tersebut merupakan ujung tombak dalam menciptakan rasa aman, damai di suatu wilayah. Oleh sebab itu diharapkan kepada kedua alat Negara ini harus menjalin hubungan baik dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur, serta membantu Pemerintah Daerah dalam melayani masyarakat Kaur khususnya dalam bentuk kegiatan Sosial kemasyarakatan seperti Penanggulangan Bencana Alam, Pemberian Bantuan Sosial kepada Masyarakat yang membutuhkan, Mengadakan berbagai kegiatan Sosialisasi yang menyangkut Tugas dan Fungsi TNI-POLRI serta yang terpenting adalah mendukung setiap Pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur.

Selain itu Polisi harus siap melayani dan membatu masyarakat Kaur, dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kaur serta menjalin hubungan baik dengan TNI dan Pemerintah Daerah dalam membangun Kaur lebih baik sesuai dengan tugas dan fungsi Polri di dalam masyarakat. Selain melakukan Pengamanan terhadap Bupati dan Wakil Bupati, Polisi juga siap membantu masyarakat dalam menegakkan hukum yang berlaku dan memberikan rasa aman di wilayah tugasnya,  tentunya harus di bantu oleh TNI, Pemerintah Daerah serta yang terpenting adalah partisipasi dan kerja sama dari masyarakat, karena tanpa adanya partisipasi dan kerja sama dari masyarakat Polisi, TNI dan Pemerintah Daerah tidak akan berjalan lancar. Oleh karena itu mari kita bersama-sama menjaga ketertiban dan memciptakan rasa aman, damai di Kabupaten Kaur yang kita cintai ini.( Bny.)