ANTUSIASME TP. PKK DAN DWP KABUPATEN KAUR DALAM ACARA WORKSHOP

Bintuhan – Kegiatan Workshop Kamis (25/1) yang lalu  terselenggara berkat kerjasama TP. PKK, DWP Kabupaten Kaur dangan  Team Trust Consuting Provinsi Bengkulu berjalan lancar dan meriah. Hal ini dikarenakan begitu semangatnya para peserta dalam mengikuti setiap rangkaian acara yang telah diatur oleh panitia kegiatan. Pada acara itu banyak sekali dilakukan berbagai jenis permainan/game yang bersifat menguji dan mengasah keterampilan serta kekompakan dalam sebuah tim untuk mendapatkan nilai yang tertinggi dari dewan juri. Jenis permainan/ game tersebut diantaranya adalah game melepas jeratan, telor terbang, bola dalam ember, tangan bersilang dan game memanah.

Dikatakan oleh Gusmian salah seorang dari Team Trust Consulting Provinsi Bengkulu bahwa dalam kegiatan workshop ini harus di lakukan Outbound yang didalamnya terdapat banyak permainan/ game yang bersifat kelompok atau game yang wajib dimainkan oleh tim bukam perorangan. Lanjut beliau setiap game atau permainan itu mempunyai makna atau arti yang terkandung didalamnya, misalnya game melepas jeratan yang dimainkan oleh dua orang, artinya dalam game itu kedua orang tersebut harus berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk melepaskan diri dari jeratan tali tersebut dengan syarat tali tersebut tidak boleh di potong. Sementara game lain seperti game memanah, dalam game ini di butuhkan konsentrasi dan fokus untuk membidik sasaran agar tidak meleset jauh dari objek yang dituju. Untuk permainan memasukkan bola ke dalam ember, setiap orang didalam tim harus secepat mungkin bisa memasukkan bola ke dalam ember yang telah disediakan dengan waktu yang terbatas.

Pada acara ini seluruh peserta yang terdiri dari TP. PKK dan DWP Kabupaten Kaur membaur menjadi satu dan berpencar untuk membuat sebuah kelompok /tim yang telah diatur oleh juri guna melakukan berbagai macam permainan dalam acara ini. Setelah dikelompokkan terbentuklah menjadi empat tim yang masing-masing tim harus mempunyai nama tim, tim pertama bernama tim Garuda, tim kedua bernama tim Singa, tim ketiga bernama tim melati dan tim terakhir benama tim Gurita. Demi kekompakan dan kebersamaan diantara tim tersebut Ketua TP. PKK Ibu Poppy Tatriansi Gusril dan Ketua DWP Ibu Elmi Nandar juga masuk di antara tim tersebut.

Setelah melewati semua permainan/game dan materi dalam Outbound yang diberikan oleh Team Trust Consulting dari Provinsi Bengkulu yang sekaligus bertindak sebagai juri dalam perlombaan tim ini. Maka juri memutuskan serta menilai dari seleruh game yang dimainkan oleh tim peserta workshop, terpilihlah tim yang terbaik pertama yakni jatuh kepada tim Garuda dengan jumlah nilai 19 Poin, terbaik kedua jatuh kepada tim Singa, ketiga tim Melati dan yang terakhir adalah tim Gurita. Menurut Ketua Team Trust Consulting Gunawan, M. Si bahwa yang dinilai dari sebuah tim itu adalah Kekompakan, Kerjasama, Komunikasi, dan kerja Tim.

Ketua TP. PKK dan DWP memberikan beberapa bingkisan menarik kepada perwakilan setiap tim yang terbaik sebagai hadiah atas kerja keras sebuah tim untuk menjadi yang terbaik. Sebenarnya inti atau tujuan dari kegian ini adalah belajar melatih Kekompakan, Kerjasama, Komunikasi serta Kebersamaan dalam sebuah tim, untuk diterapakan didalam sebuah Organisasi dan sesama Organisasi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur, dalam mengerjakan Tugas Serta Partisipasi Organisasi dalam mendukung Pembangunan Daerah.( Bny.)