YAYASAN KANKER PROVINSI ADAKAN SOSIALISASI KE KABUPATEN KAUR

Bintuhan, – Kabupaten Kaur merupakan salah satu dari daerah di Provinsi Bengkulu yang dijadikan tempat melaksanakan kegiatan Sosialisasi tentang Pencegahan sedini mungkin dan Penanganan terhadap Penyakit Tidak Menular ( PTM) seperti Kanker dan Tumor yang mungkin tumbuh dan berkembang biak disalah satu organ tubuh manusia. Pada Selasa (13/2) kemarin perwakilan dari Yayasan Kanker Provinsi Bengkulu mengadakan acara Sosialisasi tentang Pencegahan dan Penanggulangan terhadap Penyakit Kanker, yang bertempat di Aula Kementerian Agama Kabupaten Kaur. Acara ini di buka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur yang baru yakni H. Zainal Abidin, M.A. dan di hadiri oleh seluruh Staf dan Pegawai yang ada di Kantor Kemenag Kabupaten Kaur.

Dalam acara ini banyak sekali materi dan pengetahuan tentang Kanker yang jelaskan oleh Narasumber dari Yayasan Kanker Provinsi Bengkulu, diantaranya mengenai Kangker Serviks, Kanker Payu dara, dan kanker Kulit lainnya yang akan menyebabkan kematian pada seseorang yang menderitanya. Selain dari itu dijelaskan juga cara-cara mencegah dan mendeteksi gejala-gejala Kanker yang mungkin akan tumbuh pada tubuh kita. Gejala-gejala tumbuhnya Kanker pada tubuh manusia mudah dan gampang untuk di ketahui, tetapi sebagian manusia mungkin tidak tahu dan menyadarinya sehingga lama-kelamaan Si Pendetita akan tersiksabahkan kalau tidak segera ditangani akan bertambah parah sampai berujung kematian.

Maka dari itu Pemerintah melalui Yayasan Kanker Indonesia tidak mau dan membiarkan hal itu terjadi pada Rakyat Indonesia. Begitu juga halnya dengan keberadaan Yayasan Kanker Provinsi Bengkulu senada dengan Pemerintah Pusat yang tidak ingin Masyarakat Provinsi Bengkulu mengalami penyakit Kanker, walau pun penyakit ini tidak menular tetapi akan membahayakan Si Penderitanya. Oleh karena itu perlu diadakan acara sosialisasi seperti ini agar masyarakat tahu dan mengenal gejala-gejala kanker tersebut lebih jelasnya masyarakat harus berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan terserang Kanker.

Dikatakan Febbi Ariyani, S. Kep ( Narasumber ) dalam persentasinya pada acara ini bahwa banyak sekali jenis-jenis kanker pada tubuh manusia diantaranya Kanker serviks yang sebagian besar penderitanya adalah wanita berumur 17 tahun keatas. Lanjut Febbi Kanker serviks merupakan kanker yang tumbuh pada mulut rahim seorang wanita, ada beberapa faktor penyebab tumbuhnya kanker pada seorang wanita diantaranya kurang menjaga kebersihan pada daerah kewanitaanya, Melakukan seks bebas dan bergonta-ganti pasangan. Oleh sebab itu seorang wanita harus selalu menjaga kebersihan terutama di daerah kewanitaannya, tidak melakukan seks bebas dan yang terpenting adalah jangan sering bergonta-ganti pasangan”. terangnya.

Dengan adanya Sosialisasi seperti ini diharapkan semua peserta yang hadir khususnya bisa memberikan pengetahuan kepada keluarga, teman, kerabat dan masyarakat lain agar selalu waspada dan berhati-hati supaya terhindar dari penyakit kanker, serta yang terpenting adalah kita semua wajib melakukan kebersihan terhadap tubuh kita masing-masing, menghindari seks bebas dan tidak bergonta-ganti pasangan yang bukan mukhrimnya. Jika ketiga hal tersebut terus dilakukan oleh setiap orang atau mesyarakat Kaur, mudah-mudahan masyarakat Kaur terhindar dari penyakit kanker serta mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh kanker di Kabupaten Kaur.( Bny.)