PEMERINTAH DAERAH HIMBAU SELURUH OPD DAN UPTD KABUPATEN KAUR UNTUK SELESAIKAN LKPJ DAN LPPD

Bintuhan – Dalam rangka evaluasi dan peningkatan kinerja terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di Kabupaten Kaur, maka pada Senin (5/3) Pemerintah Daerah melakukan kegiatan Exspose Progres Penyusunan dan Klarifikasi Data untuk Percepatan dan Penyelesaian LKPJ dan LPPD Kabupaten Kaur Tahun Anggaran 2017. Dalam acara ini di buka langsung oleh Asisten I Zailan, S. Pd dan di hadiri oleh seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur.

Dalam sambutannya dikatakan oleh Zailan, S. Pd bahwa “ kegiatan ini sangat penting dan harus dilaksanakan, karena melalui Exspose dan Klarisifikasi Data ini Pemerintah Provinsi dan Pusat akan melakukan koreksi sekaligus menilai tingkat pencapaian kinerja Bupati dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur dalam menggunakan serta mengalokasikan Dana yang telah diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk meningkatkan Pembangunan Daerah pada Tahun Anggaran 2017 yang lalu”. Seharusnya proes pembuatan dan pengumpulan semua data-data di setiap OPD harus diselesaikan setelah tiga bulan berakhirnya anggaran dalam setiap tahunnya, sebagai contoh tahun anggaran 2016 berakhir pada bulan Desember 2016.

Dengan kelengkapan semua data dari seluruh OPD-UPTD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur, adalah merupakan salah satu kunci keberhasilan Pemerintah Daerah dalam mengelola asset dan keungan daerah untuk meraih atau mendapatkan Penghargaan Wajar Tanpa Pengucualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Negara. Hal ini sangat diharapkan dan ditekankan oleh Pemerintah Daerah kepada seluruh OPD-UPTD di lingkungan Pemda Kaur agar segera melengkapi semua data-data yang dibutuhkan dari hal yang terkecil hingga yang terbesar sebelum tanggal 31 Maret 2018 mendatang, karena kita berharap penghargaan WTP dari BPK tahun 2016 yang lalu bisa kita pertahankan lagi, demi untuk tetap mendapatkan kucuran dana dari Pemerintah Pusat dalam peningkatan Pembangunan Daerah Kabupaten Kaur., “ Terang Asisten 1 Zailan, S. Pd”.

Dari data yang terkumpul hingga Jumat (2/3) kemerin ada beberapa Instansi yang telah melengkapi 100% kelengkapan data diantaranya Sekretariat Daerah dan Sekeretariat Dewan Kabupaten Kaur. Sementara untuk OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur belum ada satu pun yang lengkap 100% data yang diminta, namun di himbau dan tegaskan lagi  oleh asisten 1 agar semua OPD-UPTD segera melengkapi data-data yang telah diminta oleh Pemda sebelum tanggal 31 Maret 2018 mendatang, agar pihak Pemda segera mengoreksi semua kelengkappan data-data tersebut sebelum di naikkan ke Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.( Bny.)