Bupati Kaur Hadiri Pelantikan Bintara Polri SPN Bukit Kaba

Curup- Sebanyak 146 siswa Bintara Polri Tahun Ajaran 2017-2018 SPN Bukit Kaba resmi mengemban amanah sebagai anggota polri. Upacara penutupan pendidikan Bintara Polri ini dipimpin langsung oleh Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Drs Choki Manurung, SH, M.Hum, Selasa (06/03/2018) di lapangan SPN Bukit Kaba kabupaten Rejang Lebong.

Mereka dinyatakan berhak menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) setelah menyelesaikan masa pendidikan di SPN Bukit Kaba selama tujuh bulan. Disana mereka belajar dan berlatih untuk menjadi pelayanan, pengayom dan pelindung masyarakat yang humanis.

Kapolda Bengkulu Dalam Sambutannya yang membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs.H.M.Tito Karnavian,MA.,Ph.D mengatakan, Lembaga Pendidikan Polri adalah tempat para peserta didik dididik, ditempa, dan dilatih guna menjadi insan Tribrata yang profesional, modern, dan terpercaya. “Untuk itu, maknai anugerah dan karunia Tuhan yang Maha Kuasa ini, dengan penuh rasa syukur, disertai niat kesungguhan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan oleh lembaga,” ujar Kapolri.

“Harus kita pahami bahwa perkembangan tantangan tugas Polri kedepan akan semakin berat. Era globalisasi yang terjadi dengan cepat telah memunculkan berbagai dinamika kejahatan berdimensi baru, yang diiringi dengan potensi terjadinya gangguan Kamtibmas pada berbagai bidang kehidupan masyarakat. Realitas tantangan tugas kedepan, harus mampu diatasi oleh Institusi Polri, agar stabilitas keamanan dalam negeri dapat tetap terjaga. Untuk itu, Polri harus didukung oleh sumber daya manusia Polri yang profesional, berintegritas, dan mampu menguasai bidang tugasnya,” jelas Kapolri.

“Salah satu upaya Polri dalam mewujudkan SDM Polri yang berkualitas adalah melalui penyelenggaraan Diktuk (pendidikan dan pembentukan) Bintara Polri yang saudara-saudara laksanakan saat ini. Selama kurang lebih 7 (tujuh) bulan yang sudah dilalui, ini sebenarnya belum cukup, perlu adanya pengembangan diri,” sambung Kapolri.

Kapolda menekankan agar Bintara Pori yang baru dilantik menjadi polisi yang profesional sesuai dengan program Polri yaitu promoter.

“Kedepannya banyak agenda nasional yang perlu kita kawal bersama yaitu Pilkada, Pemilihan Legislatif dan Pilpres. Polri harus mampu memberikan rasa aman bagi masyarakat dan melayani masyarakat tampa pamrih dan mampu mempertangunggung jawabkan semua tindakannya kepada masyarakat atau rakyat,” ungkap Kapolda.

Sementara itu Bupati Kaur Gusril Pausi, S.Sos yang ikut menghadiri pelantikan Diktuba Gasum Polri TA 2017-2018 mengucapkan selamat kepada Bintara yang telah di lantik, terkhusus kepada Bintara berasal dari kabupaten Kaur yang berjumlah 7 orang , Bupati juga berpesan agar mengabdikan diri dan dedikasinya untuk bangsa dan negara, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Provinsi Bengkulu, Khususnya Kabupaten Kaur

Bupati juga menyampaikan, dirinya merasa bangga karena salah satu lulusan dari SPN Bukit Kaba yang berasal dari kabupaten Kaur, terpilih untuk bertugas di Densus 88 Anti Terror, atas nama Bripda Candra Herdian warga gedung sako

Bupati berharap dengan bertambahnya 7 orang pemuda kaur menjadi Bintara Polri, bisa menjadi penyemangat untuk generasi muda kaur untuk terus belajar dan menempa diri agar apa yang di cita-citakan bisa terwujud. (tp)