Rayakan HUT Ke-72, Persit Kartika Chandra Kirana Gelar Donor Darah

Kaur Tengah-  Dalam rangka HUT ke 72 Persit Kartika Chandra Kirana 2018, Kodim 0408 BS-Kaur melaksanakan Bakti Sosial, yaitu donor darah, Rabu (7/3/2018). Kegiatan sosial untuk kemanusiaan itu dilaksanakan,di Ruang Unit Transfusi Darah RSUD Kaur

Sekda Kaur Nandar Munadi S.Sos, M.Si atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur yang membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan  bahwa Acara bhakti sosial Donor Darah yang di laksanakan oleh Persit Kartika Chandra Kirana  bekerjasama dengan RSUD Kaur merupakan bentuk kepedulian bagi kita semua yang memiliki rasa peduli terhadap saudara-saudara kita yang saat ini membutuhkan sumbangan darah. Sekda juga menambahkan manfaat melakukan donor Darah yaitu membantu memperlancar aliran Darah hingga mencegah penyumbatan Alteri. Hasil penelitian menunjukan bahwa rajin mendonorkan Darah mampu menurunkan resiko serangan jantung hingga 88%, Terhindar dari Kanker,   dan Stroke. Dengan demikian jangan takut apalagi ragu untuk mendonorkan Darah di  Rumah Sakit.Menurut Sekda ada dua hal yang penting saat kita mau untuk mendonorkan darah kita untuk kepentingan kemanusiaan.

Yang pertama kata Sekda, bagi pendonor sendiri ada manfaat kesehatan yang didapatkan, sehingga akan bermanfaat untuk kedua belah pihak antara yang mendonor dan yang diberikan donor darah tersebut

“Ada dua yang pentingnya, yang pertama bagi pendonor sendiri juga merupakan suatu bagian proses kesehatan, jadi untuk pendonor yang bersangkutan juga ini merupakan kesehatan,” ungkap sekda Selanjutnya kata Nandar, yang kedua dengan mendonorkan darah, kita akan menolong sesama, karena menolong sesama itu menjadi suatu kewajiban antar sesama umat manusia.

“Menolong apakah itu ada yang kecelakaan, yang sakit dan perlu dukungan darah dalam rangka menyambung hidupnya, sehingga dengan demikian pekerjaan mendonorkan menguntungkan kedua belah pihak dan bagi kita yang beragama itu merupakan bagian dari ibadah kita untuk sesama,” katanya.

Pabung Kodim 0408 BS-Kaur Mayor Inf. Onsonuni, SH yang mewakili Dandim mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana.

“Donor darah yang kita laksanakan ini bertujuan untuk mendukung program kemanusiaan. Nantinya hasil dari kegiatan donor darah ini akan disumbangkan dalam rangka program kemanusiaan, terutama untuk ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkannya,” kata Pabung.

Dirinya juga berterimakasih kepada para pendonor yang dengan suka rela dan tulus dan ikhlas menyumbangkan darahnya. Mudah-mudahan ketulusan niat dari para pendonor akan mendapatkan berkah dan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya. Karena setetes darah yang kita sumbangkan akan sangat berarti besar bagi keselamatan jiwa seseorang,” lanjut Pabung

Sementara itu Kabag Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaur Syahrial, SKM mengapresiasi sekaligus menyampaikan terima kasih atas aksi sosial donor darah oleh Prajurit TNI dan Persit Chandra Kirana.

“Kebutuhan darah kita cukup banyak, sementara pendonor sukarela masih kurang,” Syahrial

Pihaknya mengharapkan kesadaran akan giat kemanusiaan berupa donor darah semakin meningkat, sehingga kebutuhan darah di Kabupaten Kaur bisa tercukupi.

Dari jumlah peserta donor darah yang dilaksanakan ada 80 orang yang mendaftar. Namun, hanya 23 orang yang dinyatakan memenuhi persyaratan. Sedangkan ada 65 orang yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan dikarenakan Tensi tinggi atau rendah dan HB yang kurang. (tp)