DINAS LINGKUNGAN HIDUP LAKUKAN PEMBERSIHAN SALURAN DRAINASE / SELOKAN

Bintuhan – Kondisi cuaca yang tidak menentu dan kurang bersahabat yang terjadi di Kabupaten Kaur akhir-akhir ini, pasti akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia khususnya bagi kesehatan masyarakat di Kabupaten Kaur. Oleh karena itu Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait telah mengantisipasi kemungkinan tersebut, dengan mengadakan pembersihan terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal atau di setiap Desa di Kecamatan yang ada di Kabupaten Kaur, salah satunya kegiatan pembersihan drainase atau selokan tempat pembuangan air yang terdapat disepanjang jalan Desa Pasar Saoh Kecamatan Kaur Selatan yang dilaksanakan sejak dua hari yang lalu.

Kegiatan yang di komandoi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kaur ini sangat berdampak positif bagi keamanan, kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar tempat tinggal. Pasalnya target utama dalam pembersihan ini adalah seluruh drainase atau selokan yang ada di sepanjang jalan Desa Pasar Saoh Bintuhan. Sasaran pembersihan drainase ini sangat tepat, karena seluruh potensi bencana dan penyakit berawal dari drainase atau selokan yang kotor dan tidak terawat, seperti di saat sekarang ini sering terjadi hujan yang mungkin akan memicu bencana banjir, karena selokan atau drainase tersumbat oleh tumpukan sampah yang ada di saluran air. Bahkan yang paling dikhawatirkan oleh masyarakat pada saat musim hujan ini adalah terserang penyakit malaria dan demam berdarah (DBD). Hal ini tidak lain adalah dikarenakan selokan pembuangan air disekitar kita jarang dibersihkan, padahal selokan yang kotor dan tempat lembab serta berair adalah tempat yang bagus buat nyamuk DBD bertelur dan berkembang biak.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syahril, S. Pd bahwa kegiatam ini akan terus dilakukan guna menjaga dan meningkatkan kebersihan disetiap Desa yang ada di Kabupaten Kaur ini. Beliau juga menghimbau kepada masyarakat agar turut berpartisipasi menjaga kebersihan disetiap lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing seperti tidak membuang sampah sembarangan, mengotori sungai dan tidak merusak taman yang ada di Kabupaten Kaur. Oleh karena itu mari kita lakukan seperti yang telah ditulis oleh Dinas Lingkungan Hidup dalam himbauan kepada masyarakat Kaur dalam Media Cetak yakni “ Untuk Membuang Sampah Pada Tempatnya Turut Menjaga Taman Kota Agar Mampu Mewujudkan Kota Yang Aman Dan Bersih”. Ujarnya. ( Bny.)