Memanfaatkan tanaman sekitar cegah kanker

Kaur – Hari ini (3/4) Acara Sosialisasi Kanker dari Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia berjalan sukses di Dinas Kominfo Kaur.

Agenda sosialisasi penyuluhan kanker ini akan bersosialisasi keseluruh kecamatan dan desa se-kabuaten kaur, dimana kecamatan dan desa yang sudah kami kunjungi beberapa hari yang lalu yaitu kecamatan nasal, kecamatan maje dan hari ini sebagian kecamatan kaur selatan ungkap Dwi Bilia Gustina,Amd.Keb.

Dwi juga mengajak kepada masyarakat kabupaten kaur terkhusus kepada pegawai, karyawan/ti Dinas Kominfo Kaur untuk sadar akan bahaya kanker, lebih baik mencegah dari pada mengobati karena penyakit kanker ini sangatlah berbahaya dan mematikan, tegasnya.

Untuk pencegahan kanker secara dini ada beberapa cara yaitu dengan cara menjaga pola hidup sehat, non medis dan medis.

Dengan cara nonmedis yaitu memanfaatkan tanaman disekitar kita yaitu tanaman sirsak dan temu putih.

pertama dengan Cara mengelolah buah sirsak kupas buah sirsak yang sudah masak, dagingnya diperas dan sarinya diminum kalau tidak ada buah jangan kawatir karena daunnya juga bisa dimanfaatkan yaitu ambil 9 lembar daun sirsak lalu direbus menggunakan 3 gelas air cukup sampai mendidih, air daun sirsak ini diminum segelas sebelum makan dan segelas sesudah makan digunakan berturut-turut selama 12 bulan. Ini berguna untuk mencegah kanker 5 tahun kedepan.

Kedua dengan Cara memanfaatkan tanaman temu putih yang terdapat disekitar kita yaitu:
1. Ambil isi temu putih (tulang isi temu) yang sudah tua, diiris kecil-kecil lalu dikeringan dengan cara diangin-anginkan.

2. Isi temu putih (tulang temu) yang sudah kering, direbus menggunakan 3 gelas air cukup sampai mendidih lalu diminum segelas sebelum makam dan sesudah makan gunakan berturut-turut selama 12 bulan kedepan.

Pencegahan kanker secara dini bisa juga dilakukan dengan pengecekan kesehatan dirumah sakit ataupun puskesmas terdekat, untuk biaya pengecekan ini masyarakat jangan takut karena pihak instansi terkait sudah bekerja sama dengan Kantor BPJS tambah Dwi.(Zhi)