ASMAWAN: “BUDAYAKAN GEMAR MEMBACA”

Bintuhan – untuk menumbuhkan semangat gemar membaca dan meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Kabupaten Kaur, pada hari ini Senin (30/4) dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kaur menggelar kegiatan lomba bercerita tingkat SD/Mi Se-Kabupaten Kaur. Acara ini resmi di buka oleh Kepala Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Asmawan, S. Sos, yang di ikuti oleh peserta dari seluruh SD/ MI yang ada di Kabupaten Kaur. Acara ini sendiri dilaksanakan di balai sanggar Dinas Perpustakaan Kabupaten Kaur, pada kegiatan kali ini pihak panitia penyelenggara mengambil tema Kecintaan Budaya dan Kearipan Lokal.

Melalui kesempatan ini Asmawan, S. Sos menyampaikan beberapa pesan dan imbauan dalam sambutannya diantaranya beliau menegaskan kepada para juri dalam lomba ini agar bersifat profesional, selektif, adil dan tidak berat sebelah. Karena kegiatan ini selain mencari peserta yang terbaik, acara ini  juga merupakan ajang pencarian bakat siswa-siswi yang nantinya akan dikirim ke tingkat Provinsi guna mengikuti kompetisi yang lebih tinggi lagi, bahkan bisa di pertandingkan di tingkat Nasional. Maka dari itu diharapkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan agar juri benar-benar memilih salah satu Siswa/Siswi yang terbaik untuk mewakili Kabupaten Kaur di ajang lomba bercerita tingkat SD/MI baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional nantinya. Selain dari itu tujuan di selenggarakannya acara ini adalah mengajak para Siswa-Siswi untuk membudayakan gemar membaca dan tidak segan-segan mengunjungi dan memanfaatkan buku-buku yang ada di perpustakaan ini, karena buku yang banyak ini bukan untuk dipajang atau sekedar dilihat tapi untuk di baca dan di serap ilmu yang ada didalamnya. Lanjut Asmawan, S. Sos  kalau kegiatan perlombaan seperti ini merupakan kegiatan rutin Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Kaur setiap tahunnya.

Disamping itu para juri yang di hadirkan diantaranya guru-guru dari berbagai sekolah ternama di Kabupaten Kaur yakni guru Bahasa Indonesia dari SMA Pentagon, SMAN 1, MAN 1 Kaur dan lain sebagainya. Hal ini sengaja di lakukan oleh panitia penyelenggara agar nantinya melahirkan juara yang terbaik untuk menghadapi kompetisi yang sesungguhnya yakni kompetisi di level Provinsi dan di level Nasional apabila memungkinkan. Ditambahkan Asmawan, S. Sos sembari menyemangati para peserta lomba bahwa  tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini kalau kita mau berusaha, belajar dengan giat, berlatih dengan rajin, disiplin serta semangat yang tinggi dari seluruh peserta, mudah-mudahan akan menjadi yang terbaik dan berprestasi di dalam dan diluar sekolah demi untuk dirinya, keluarga dan daerah asalnya.

Dalam lomba ini ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan oleh para juri diantaranya adalah penampilan artinya yang menjadi penilaian adalah penampilan yang berdasarkan pada tema, pemahaman atas materi yang di bawakan,  teknik yang dilakukan dalam menyampaikan sebuah cerita dan skill individu. Melalui beberapa kreteria penilaian ini diharapkan para peserta lomba dapat memahami semua kreteria yang telah di beritahu sebelumnya agar setiap peserta yang tampil lebih menunjukkan kemampuan terbaik mereka di hadapan para juri dan penonton yang hadir pada acara ini.( Bny.)