BPBD KABUPATEN KAUR ADAKAN PENYULUHAN TENTANG MUSIBAH DAN BENCANA ALAM

Bintuhan, didalam kehidupan manusia tidak terlepas dari musibah dan bencana alam, hal ini adalah merupakan sebuah ujian atau cobaan yang di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa agar manusia terus berpikir dan memahami apa yang telah terjadi sekarang, saat ini dan akan datang. Namun semua itu dibalik kejadian dan musibah yang di berikan olehNya pasti ada hikmah yang terkandung dibalik musibah dan bencana alam tersebut. Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Kaur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengadakan acara Penyuluhan, Peningkatan dan Kewaspadaan terhadap Bencana dan Musibah. Tema kali ini adalah Mari Kita Tingkatkan Kesepahaman Pengurangan Risiko Bencana. Kegiatan ini di laksanakan Senin(14/5) di Aula SMA Muhammadiyah Kelurahan Bandar Bintuhan.

Acara ini dibuka langsung oleh Muljunias, ST selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kaur, serta didampingi oleh beberapa narasumber yakni dari BPBD Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Bapak Sudirman, S. Sos dan dari pihak Kepolisian diwakili oleh Kapolsek Kaur Selatan dan Kapolsek Kaur Tengah, sementara itu pada acara ini kurang lebih peserta yang hadir berjumlah 100 orang yang terdiri dari Masyarakat, OPD terkait, PMI, TNI, dan Satpol PP yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur.

Dalam sambutannya Muljunias, ST mengatakan bahwa Kabupaten Kaur termasuk dalam daerah rawan bencana di Provinsi Bengkulu, maka dari itu mari kita bersama-sama meningkatkan kewaspadaan, serta mengurangi berbagai risiko musibah atau pun bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi kapan dan dimana saja dengan melakukan hal-hal yang positif mulai dari lingkungan sekitar temapat kita berada hingga tempat-tempat umum yang berpotensi terjadinya bencana alam. Misalnya tidak melakukan penebangan pohon besar-besaran secara ilegal, membuang sampah sembarangan di aliran sungai dan pinggir pantai, pengambilan pasir pantai secara ilegal dll. Jika hal tersebut tidak kita lakukan kemungkinan besar dapat mengurangi potensi atau risiko terjadinya bencana di Daerah Kaur khususnya.

Lanjut beliau bencana alam dan musibah tidak bisa diketahui kapan akan terjadi, namun kita sebagai manusia hanya bisa memprediksi dan mengantisipasi kejadian tersebut. Mengenai hal ini Pemerintah Daerah siap bekerja sama dengan TNI, POLISI, PMI, Dinas terkait serta seluruh masyarakat Kaur untuk saling bahu-membahu terus berusaha dan membantu semaksimal mungkin dalam menanggulangi musibah dan bencana alam yang akan terjadi. Oleh karena itu Pemerintah Daerah melalui Dinas-Dinas terkait terus melakukan kegiatan yang bersifat pelayanan publik demi menciptakan masyarakat Kaur yang aman dan sejahtera.( Bny.)