GUBERNUR BENGKULU DAN BUPATI KAUR BERIKAN BANTUAN PADA ACARA SAFARI RAMADHAN

Bintuhan – keistimewaan Bulan Ramadhan tahun 2018 ini sangat terasa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur, pasalnya di Bulan Ramadhan tahun ini tepat pada tanggal 23 Mei 2018 kemarin Kabupaten Kaur baru saja memperingati Hari Jadinya yang ke-15. Disamping itu pada bulan Ramadhan banyak sekali Kegiatan-Kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi untuk lebih peduli kepada masyarakat, terutama pada pakir miskin, jompo-jompo, dan para penyandang cacat yang ada di Kabupaten Kaur.

Seperti kegiatan yang di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kaur dan Pemerintah Provinsi Bengkulu pada Rabu (23/5) kemarin menggelar acara Safari Ramadhan di Masjid Agung Al-Kahfi Bintuhan Kecamatan Kaur Selatan. Dalam kegiatan ini banyak sekali rangkaian acara yang dilaksanakan diantaranya diawali dengan Buka Puasa Bersama di Gedung Sentral Kuliner, dilanjutkan dengan Sholat Magrib Bersama di Masjid Al-Kahfi, setelah itu Makan Malam Bersama, setelah jeda beberapa menit dilanjutkan dengan Sholat Isa dan Taraweh Berjamaah serta kultum, dan acara yang terakhir yakni penyerahan beberapa bantuan oleh Gubernur dan Bupati Kaur.

Pada acara penyerahan bantuan ini Bupati kaur Gusril Pausi, S. Sos atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur menyerahkan bantuan kepada masjid yang ada di desa Sedaya Baru Kecamatan Kaur Selatan berupa uang tunai sebesar Rp. 8 Juta dan perlengkapan masjid seperti ambal/karpet untuk alas sholat serta kipas angin. Selain itu Bupati juga menyantuni anak-anak yatim dan lansia yang ada di Kabupaten Kaur berupa uang tunai. Senada dengan hal itu Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M. MA juga memberikan beberapa bantuan kepada anak-anak yatim piatu, orang lanjut usia, orang-orang sakit dan juga memberikan bantuan untuk pembangunan masjid-masjid yang ada di Kabupaten Kaur.

Adapun total bantuan yang di berikan oleh Gubernur Bengkulu kepada Masjid-Masjid yang ada di Kabupaten Kaur berupa uang tunai beserta barang-barang untuk yang membutuhkan berjumlah Rp. 790 juta yang diberikan dalam bentuk buku rekening yang telah terisi saldo untuk renovasi dan pembangunan masjid – masjid yang tersebar di Kabupaten Kaur. Masjid Mujahidin Alwatan desa Gedung Sako II Kecamatan Kaur Selatan yang mendapat bantuan terbesar Rp. 250 juta , hal ini di katakan oleh Gubernur bahwa pengurus Masjid Mujahidin Alwatan telah beberapa kali memasukkan proposal bahkan dari tahun 2007 proposal tersebut telah diterima oleh Pemprov namun karena terkendala oleh berbagai hal ajuan tersebut belum dapat di setujui. Maka pada tahun ini dengan bangga Pemerintah Provinsi Bengkulu dapat mengabulkan permintaan dari setiap daerah yang ada di Provinsi Bengkulu terutama untuk kebutuhan Renovasi dan Pembangunan Masjid.

Diakui oleh Dr. drh. H. Rohidin, M. MA bahwa Kabupaten Kaur merupakan Kabupaten yang terbesar mendapat bantuan dari Pemprov, hal ini bukan karena Pemerintah Kabupaten Kaur tidak mampu namun pemberian bantuan tersebut berdasarkan pengajuan dan hasil dari tim survey yang dilakukan pemprov keberbagai daerah dan telah mendapat persetujuan dari DPRD Provinsi. Oleh karena itu diharapkan kepada pengurus masjid yang telah mendapat bantuan agar menggunakan uang tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan yang telah diajukan, dan yang terpenting dalam pengelolaannya harus bersifat terbuka dan tepat sasaran.

Selain dari pada itu dikatakan oleh Gubernur bahwa tujuan utama dari safari ramadhan kali ini adalah untuk bersilaturahmi dengan masyarakat Kabupaten Kaur, demi menjaga hubungan kekeluargaan yang baik antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten Kaur dan Masyarakat, agar terjalin hubungan yang harmonis, serta sepenanggungan guna mewujudkan seluruh masyarakat di Provinsi Bengkulu yang adil, aman, makmur, dan sejahtera.( Bny.)