Bhabinkantibmas, Babinsa dan Kades Teladan Dapat Reward

Bintuhan- Apel bersama dan arahan tiga pilar kamtibmas dalam rangka mewujudkan kabupaten Kaur yang aman dan kondusif yang dilaksanakan di aula polres Kaur, Kamis (7/6/2018) dan dihadiri Bupati Kaur Gusril Pausi, S.Sos, Kapolres Kaur AKBP Sisman Adi Pranoto, SIK, Dandim 0408 yang diwakili oleh Pabung Mayor Inf. Onsonuni, Kapolsek, Danramil, Bhabinkantibmas dan babinsa dan kepala desa se kabupaten Kaur.

Kapolres Kaur dalam arahannya menyampaikan bahwa tiga pilar kamtibmas sebaga ujung tombak diwilayah desa bila ada Permasalahan harus tahu dan supaya terciptanya situasi yang aman dan kondusif. Berbagai macam gangguan kamtibmas yang terjadi seperti kejahatan konfensional, konflik Sosial dan kejahatan terorisme. Untuk mensinergitas tiga pilar kamtibmas dalam mengelola permasalahan harus dicari solusi terhadap permasalah bisa diselesaikan .

Peran tiga pilar sangat dibutuhkan menginditifikasi setiap permasalahan yang terjadi

Kapolres berharap tiga pilar bisa mendirikan posko yang nyaman unuk berdiskusi apabila ada permasalah di daerah binaanya

Hal senada disampaikan pabung 0408, dirinya mengatakan apel tiga pilar harus membawa manfaat kebersamaan, tanpa dukungan intasi Terkait, Polri tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada didampingi oleh kodim dan Pemda demikian juga kodim tidak bisa bekerja sendiri tanpa didampingi Polri.

Sementara itu Bupati Kaur menegaskan, sebagai pemerintah daerah, Kabupaten Kaur siap menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, agar menegakkan hubungan yang harmonis antar dua lembaga, yaitu pemerintah, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri). “Ini arahan Presiden. Tentunya kita akan laksanakan di Kabupaten Kaur dengan sebaik mungkin. Terlebih lagi kita dari dulu sudah bersama-sama berusaha menjalani hubungan yang baik terhadap tiga pilar yang di maksud Presiden. Karena kita tau bahwa daerah kita yang merupakan garda terdepan yang sangat memerlukan perpaduan seluruh lembaga,” jelas Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Kaur, Kodim 0408 BS/Kaur dan Polres Kaur, siap berupaya dan bekerja sama secars aktif untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai Pancasila, Bhineka Tinggal Ika, serta persatuan dan kesatuan bangsa terhadap seluruh masyarakat.

“Terlebih di tingkat desa. Sebagai pengelola pemerintahan terkecil, kami juga mengimbau agar berperan aktif menjalin hubungan baik antara pemerintah desa dengan Babinsa dan Babinkamtibmas nya. Supaya berbagai hal yang disinyalir merusak, mengganggu dan memecah-belahkan masyarakat dapat dihindari dan Dicegah degan baik,” pesannya.

Di kesempatan itu juga Bupati Kaur di daulat menyerahkan tali asih kepada 3 pilar teladan se Kabupaten Kaur, diantaranya adalah Sertu Enus Tasri Babinsa Desa Sekunit dan Sinar Pagi, Brigpol Hendra Bhabinkantibmas Polsek Nasal dan Burman Kades Sukabandung. (tp)