PEMKAB KAUR TERIMA 60 MAHASISWA KKN DARI UGM

Bintuhan – Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur terus berusaha meningkatkan kualitas dan mutu disemua sektor. Hal ini terbukti dari kerja sama yang dilakukan pemerintah daerah dengan beberapa Universitas ternama yang ada di Indonesia, beberapa waktu yang lalu pemerintah daerah menerima kunjungan kerja dari ITB.

Kamis (28/6) Pemerintah Daerah kembali mengadakan penerimaan dan penyambutan Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berlokasi di Aula BAPPEDA. Pada acara tersebut Bupati Kaur yang di wakili oleh Asisten II Dr. Ersan Syafiri, MM, resmi membuka sekaligus mengucapkan selamat datang kepada rombongan Mahasiswa UGM Yogyakarta di Kabupaten Kaur.

Kedatangan rombongan mahasiswa UGM kali ini ke Kaur bukan yang pertama, namun sebelumnya Kabupaten Kaur sudah pernah di kunjungi oleh Mahasiswa UGM. Rombongan mahasiswa ini melakukan KKN yang di tugaskan oleh Universitas sebagai syarat untuk meraih gelar sarjana.

Dalam hal ini asisten II mengaatakan kalau Kabupaten Kaur sangat membutuhkan para mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas untuk memberikan masukan dan saran dalam mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh Kabupaten Kaur. selain itu juga, Dr. Ersan Syafiri, MM menghimbau kepada mahasiswa agar benar-benar serius melakukan KKN dengan mengamalkan dan menerapkan disiplin ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah untuk membantu serta mengembangkan kemajuan diDesa-desa yang mereka tempati nantinya.

Pada tahun 2018 ini Universitas Gadjah Mada (UGM) mengirimkan cukup banyak mahasiswanya yakni sebanyak 60 Orang yang terdiri dari berbagai Fakultas yang ada di UGM. Dari 60 Orang mahasiswa tersebut di bagi menjadi 2 Tim yakni Tim A dan Tim B yang masing-masing terdiri dari 30 Orang. Dari setiap Tim mendapat tugas untuk 3 Desa yang ada di Kabupaten Kaur, satu desa terdapat 10 mahasiswa yang akan belajar dan menambah pengalamannya.

Ke 60 mahasiswa tersebut rencananya akan ditempatkan, pada 6 desa dibeberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Kaur, sesuai dengan rekomendari yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur dengan pihak Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sementara itu tujuan utama dari kegiatan KKN selain menyiapkan calon sarjana sebagai syarat kelulusan, namun masih ada tujuan yang terpenting adalah Memahami kondisi permasalahan yang terjadi dimasyarakat, setelah mengetahui dan memahami kita juga harus bisa memberikan solusi, mengembangkan pengetahuan intelektual dan keagamaan, Membantu pemerintahan dalam mempercepat proses pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, pertanian, peternakan, UMKM, komunikasi informasi, kelautan dan perikanan dan masalah-masalah sosial lainnya yang menjadi tujuan terutama untuk Kabupaten Kaur agar lebih maju dan berkualitas sesuai yang diharapkan. ( Bny.)