Gelombang Pasang, Bupati Pinta Masyarakat Waspada

Nasal-  Pemerintah Kabupaten Kaur bersama Baznas dan Dinas Sosial, menyalurkan bantuan Kepada korban bencana gelombang pasang di desa Sedaya Baru dan Desa Pasar Baru Kecamatan Nasal terjadi pada hari rabu pukul 3 pagi.

Bupati Kaur Gusril Pausi, S.Sos yang meninjau lokasi bencana gelombang pasang secara langsung menyerahkan bantuan kepada korban, salah satunya adalah sri tami (53) warga desa pasar baru kecamatan nasal, Rabu (25/7/2018).

“Kami bersama Baznas dan Dinas Sosial melakukan peninjauan ke lokasi bencana dan langsung memberikan bantuan sementara berupa uang tunai dan sejumlah kebutuhan lainnya,” kata Bupati Menurutnya, terjangan gelombang pasang diiringi tiupan angin kencang berpeluang terjadi kembali. Oleh karena itu bupati meminta kepada OPD terkait menempatkan sejumlah petugasnya di lokasi untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan.

Bupati juga menghimbau agar warga yang bermukim  rumah di sepanjang bibir pantai barat sumatera khususnya kabupatenkaur agar selalu berhati-hati dan waspada. Namun Bupati pun berpesan agar warga tetap tenang tak termakan isu yang tak jelas.

“Yang penting selalu waspada. Terjangan ombak lagi besar, masyarakat yang rumahnya di bibir pantai agar selalu siaga,” ungkapnya

Menurut Bupati, gelombang pasang yang terjadi di sepanjang Pantai barat sumatera akibat perubahan iklim global.Menurut data yang dihimpun dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gelombang tinggi terjadi dari tanggal 22 hingga 28 Juli mendatang. Sedangkan puncak gelombang tertinggi terjadi pada 24 – 25 Juli.

Pihak BMKG menyatakan, gelombang pada tanggal 24-25 adalah yang paling berbahaya sebab ketinggiannya bisa sampai 4 hingga 6 meter. Kondisi gelombang seperti itu akan terjadi di perairan Sabang, Barat Aceh, Mentawai, Bengkulu, Samudra Hindia Sumatera, Jawa hingga Sumba Selat Lombok. (tp)