MEMAKNAI HARGANAS KE-XXV TAHUN 2018 TINGKAT PROVINSI BENGKULU

Indonesia memiliki Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diperingati setiap tanggal 29 Juni setiap tahunnya. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 2014 bahwa 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional dan bukan hari libur. Sehubungan dengan hal tersebut Pemerintah Provinsi Bengkulu pun menjalankan Kepres Nomor 39 Tahun 2014 dengan mengadakan peringatan Hari Keluarga Nasional yang ke XXV Tahun 2018 yang di pusatkan di Lapangan Merdeka Bintuhan Kabupaten Kaur.

Pada kesempatan ini pemerintah Kabupaten Kaur menyambut baik seluruh kepercayaan yang telah di berikan oleh Pemprov Bengkulu sebagai Tuan Rumah penyelenggara peringatan Harganas yang ke XXV ini. Semua persiapan telah di siapkan dengan matang dari jauh sebelum hari pelaksanaan, dari mengadakan rapat kepanitiaan, peralatan, hingga sampai pada pematangan tahap akhir. Pelaksanaan Harganas ke XXV tahun 2018 di mulai sejak tanggal 29-30 Juli 2018 yang di gelar di Lapangan Merdeka Bintuhan Kabupaten Kaur.

 

Acara ini resmi di buka oleh Plt. Gubernur Bengkulu Dr. drh. Rohidin Mersyah, M. MA pada Senin (30/7) kemarin yang di damping oleh Bupati Kaur Gusril Pausi, S. Sos dan di hadiri oleh Wakil Bupati Kaur, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Perwakilan BKKBN RI, Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu, Sekda Kabupaten Kaur, Kapolres, Dandim, dan seluruh unsur pejabat yang ada di Kabupaten Kaur, serta tamu undangan yang dating dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bengkulu.serta tidak mau ketinggalan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kaur yang juga turut hadir untuk memeriahkan acara tersebut.

Harganas XXV 2018 mengambil tema “Hari Keluarga : Hari Kita Semua”, dengan tagline “Cinta Keluarga Cinta Terencana”. Peringatan hari keluarga dimaksudkan agar maknanya dapat dipahami oleh seluruh keluarga dan benar-benar bisa dinikmati. Hari keluarga juga mengingatkan kembali tentang pentingnya mencintai dalam keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga. Sehubungan denga hal tersebut Plt. Gubernur Bengkulu Dr. drh. Rohidin Mersyah, M. MA mengatakan dalam sambutannya bahwa kita harus selalu menjaga keutuhan keluarga agar tetap menjadi keluarga yang harmonis, dan sejahtera. Senada dengan Gubernur, Bupati Kaur Gusril Pausi, S. Sos juga menambahkan melalui momentum ini diharapkan seluruh keluarga di Kabupaten Kaur agar supaya menjadi keluarga yang Hebat, bermartabat, berkualitas, sehat, aman dan tentram. Lanjut Bupati kalau sebuah keluarga sudah tentram dan harmonis, maka akan terwujud keluarga yang bahagia, karena kalau semua keluarga yang ada di Kabupaten Kaur telah bahagia dan sejahtera berarti kita semua telah turut berpartisipasi membangun masyarakat Kabupaten Kaur yang aman dan tentram.

Dalam sambutan Kepala BKKBN RI yang di bacakan oleh Drs. Nerius Auparai bahwa Pembangunan keluarga menjadi hal yang sangat penting bagi kemajuan bangsa. Keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh anak sejak dilahirkan. Dalam lingkungan ini, anak mempelajari dan diajari berbagai hal yang menjadi bekal bagi kehidupannya di masa datang.  Orang tua, terutama ibu adalah tempat belajar pertama bagi anaknya.  Oleh sebab itu,  pola pengasuhan yang diberikan oleh orang tua akan menentukan karakter anak selanjutnya.

Selanjutnya didalam keluarga hendaknya menjalankan delapan fungsi yang akan membangun keluarga yang berketahanan, 8 fungsi itu antara lain fungsi agama, fungsi social budaya,fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi lingkungan. Jika kedelapan fungsi keluarga tersebut dijalankan dengan baik oleh seluruh keluarga di Indonesia, maka sudah barang tentu momentum Harganas ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Dengan menanamkan nilai-nilai kehidupan berbangsa bagi anggota keluarga sejak dini, akan menjadikan keluarga sebagai wahana yang tangguh bagi terwujudnya keluarga yang berkualitas.( Bny.)