PERINGATAN HUT KE – 18 KECAMATAN KINAL KABUPATEN KAUR

Kinal – dalam rangka memperingati HUT Kecamatan Kinal yang ke-18 yang jatuh pada tanggal 28 Agustus 2018 semua pihak terkait mengadakan kegiatan  Upacara Bendera yang digelar di lapangan Kantor Camat Kinal pada Selasa (28/8) dalam Upacara ini yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Camat Kinal Agusman, S. Pd dan dihadiri  oleh perwakilan dari Provinsi Bengkulu yakni Asisten III Bapak Ahyan serta para undangan dari seluruh unsur pemerintahan Kabupaten Kaur di antara undangan tersebut terlihat Kabag Kesra Robi Antoni, Kepala Bappeda Alian Suhadi, S. Pd, perwakilan dari DPRD Kabupaten Kaur Drs. Sinarrudin, Kapolsek Kaur Tengah, Dandim, dan Ketua Presidium Kabupaten Kaur H. Samhardi Saleh.

Pada peringatan HUT Kecamatan Kinal yang ke-18 tahun 2018 ini terasa sangat berbeda dan istimewa, pasalnya dikatakan oleh Camat Kinal Agusman, S. Pd bahwa memasuki usia yang dewasa ini Kecamatan Kinal baru pertama kali ini melakukan peringatan hari jadinya secara resmi dan meriah seperti saat ini. Lanjut beliau pelaksanaan kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan dari Pemerintah Daerah dan masyarakat Kinal khususnya, yang telah berusaha, bekerja semaksimal mungkin sehingga acara ini bisa terselenggara dengan baik. Selain dari itu Camat Kinal secara pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini, dan beliau juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kinal agar tidak melakukan hal- hal yang dapat mereusak kelancaran acara ini.

Sehubungan dengan perayaan HUT tersebut pihak panitia penyelenggara mengadakan beberapa hiburan untuk memeriahkan acara tersebut diantaranya mengelar beberapa kesenian adat asli Kinal seperti tari-tarian, meringit dan sebagainya. Hiburan seperti ini sengaja ditampilkan untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian adat asli daerah Kinal agar tidak hilang, selain dari itu mengajak generasi muda khususnya anak-anak muda di Kecamatan Kinal lebih mengetahui dan memahami semua kesenian adat yang ada di Kecamatan Kinal.

Selain itu Agusman, S. Pd menegaskan kalau Kecamatan Kinal akan terus berkomitmen mendukung setiap program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur, dan beliau juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Kinal agar lebih mengutamakan persatuan dan kesatuan antar desa, saling berkoordinasi, berkomunikasi yang baik atar desa dan Kecamatan. Selain itu juga beliau mengharapkan di usia yang ke-18 tahun ini Kecamatan Kinal untuk lebih dewasa, kreatif, inovatif guna meningkatkan kesejahteraan seluruh warga Kinal serta menjadikan Kecamatan Kinal yang lebih mandiri dan bertanggung jawab kepada Pemerintah Daerah.( Bny.)