Asah Kemampuan, Personel Polres Kaur Latihan Menembak

Bintuhan-  Untuk mengasah kemampuan menembak dan juga  kesiapsiagaan anggota, Sebanyak 45 Personil Polres Kaur berlatih menembak, Rabu (29/8/2018) di lapangan tembak desa pengubaian.

Menurut Kabag Sumda Polres Kaur Kompol Mansuadi, latihan menembak merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senjata api. Sehingga setiap tindakan yang berkaitan dengan penggunaan senpi yang menjadi pegangannya selalu cermat, tepat dan sesuai prosedur yang berlaku.

“Dengan melakukan latihan secara rutin anggota selalu siap siaga dan tepat waktu menggunakan senjata api dalam situasi apapun,” Kata Kabag SumdaLebih lanjut Kabag Sumda mengatakan, kemampuan atau skill anggota Polri dalam penggunaan senpi harus terus ditingkatkan seiring dengan meningkatnya gangguan keamanan serta sebagai respon serentetan aksi terorisme dan gangguan keamanan yang belakangan ini terjadi di beberapa daerah.

“Pada prinsipnya kemampuan anggota Polri dalam penggunaan senpi akan terus ditingkatkan untuk memberi perlindungan kepada masyarakat dari ancaman gangguan keamanan yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Karenanya, kemampuan itu harus melekat pada setiap anggota Polri,” Ungkapnya.

“Latihan menembak ini juga sebagai upaya menghindari adanya kelalaian anggota dalam penggunaan senjata api serta kesalahan prosedur menggunakan senjata api” tutur Kabag Sumda.  “Melihat kondisi sekarang ini polisi menjadi sasaran ancaman, untuk itu personil harus dilatih terlebih bahwa kita juga harus waspada terhadap pengamanan markas kita” tutup Kabag Sumda.

Terpisah, menurut salah satu Instruktur Aiptu Agung P menuturkan bahwa menembak juga merupakan salah satu kegiatan olah raga yang menuntut konsentrasi mata, tangan dan kemapuan motorik sehingga perlu dilatih sehebat apapun kita kalau tidak latihan akan lupa dan hasilnya kurang maksimal.

Untuk latihan menembak kali ini personil Polres kaur melakukan menembak dengan jarak 15 dan 20 meter menggunakan senjata api laras pendek jenis Revolver. (tp)