Kemenpar RI Adakan Pelatihan Dasar SDM Pariwisata

Bintuhan- Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui Deputi Pengemba­ngan SDM dan Hubungan Antar Lembaga menggelar Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM)  kepariwisataan di Provinsi Bengkulu, Kegiatan  Kemenpar yang pelaksanaannya difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu ini dilaksanakan di aula hotel marzuki desa air dingin Kabupaten Kaur, Selasa (28/8/2018).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kaur Azwar, S.Sos melibatkan 100 orang peserta yang terdiri dari pengusuaha travel, rumah makan, hotel, pokdarwis, media masa dan duta wisata dan pengelola destinasi wisata Dalam sambutannya Azwar  mengatakan  pengembangan SDM pariwisata memainkan peranan yang sangat penting guna  mewujudkan masyarakat sadar wisata.

“Untuk  meningkatkan citra dan mutu produk serta pelayanan wisata, dituntut  tenaga-tenaga pengelola juga pelaksana yang profesional, baik di  kalangan industri pariwisata dan destinasi wisata serta instansi  terkait,” kata Azwar.

Azwar menjelaskan, agar dapat mengoptimalkan sebuah destinasi wisata  agar menarik perhatian wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara, ada  tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kepariwisataan

“Kunci  pengembangan destinasi terletak pada 3A yaitu Atraksi, Aksesbilitas,  dan Amenitas. Apabila ketiga hal ini mampu dijalankan dengan baik, maka  potensi pariwisata yang ada di Indonesia dan Kabupaten Kaur khususnya dapat  dikembangkan secara optimal, sehingga muaranya bisa memberikan nilai  tambah tersendiri bagi masyarakat lokal dan mendatangkan pendapatan asli  daerah,” tutur Azwar.

Azwar menambahkan, peran SDM dalam pengembangan pariwisata menjadi faktor yang paling penting karena SDM  yang menentukan kenyamanan dan kepuasan para wisatawan.

“Jadi, bisa dipahami bahwa masalah SDM ini merupakan tantangan yang cukup berat karena SDM sangat menentukan segala sesuatu yang berhubungan dengan pariwisata” tambahnya

Azwar berharap dengan adanya pelatihan ini seluruh peserta lebih peduli dan bangga akan kekayaan sumberdaya pariwisata yang diomiliki kabupaten kaur ‘’Harapan saya, kita harus sadar dan yakin bahwa kita semua adalah orang yang bergerak di bidang pariwisata, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kita harus berkomitmen kuat, saling mendukung dan bergandeng tangan demi suksesnya pariwisata daerah’’ harap azwar .

Sementara itu, menurut I Gusti Ngurah Putra, SE, MM, CHT pewrwakilan dari kemenpar RI, pada saat memberikan materi menyampaikan, program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan masyarakat guna memberikan layanan yang baik kepada wisatawan asing dan mancanegara.

“Dalam pengembangan pariwisata terdapat 4 pilar utama yang harus menjadi perhatian, diantaranya; destinasi (objek), industri (daya dukung), pemasaran (promosi), dan kelembagaan (SDM). Dari keempat pilar tersebut,  unsur kelembagaan (SDM) menjadi faktor yang paling menentukan’’ jelasnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan peningkatan kemampuan sdm di bidang kepariwisataan ini para peserta diharapkan dapat menjadi kader dan pelopor perubahan dalam pengembangan pariwisata  dan mampu memahami pengertian daya tarik dan destinasi wisata, teknik membuat paket paket produk pariwisata yang menarik dan teknik bagaimana menjual daya tarik atau destinasi di daerahnya,” pungkasnya. (tp)