Baznas Salurkan Bantuan Kepada 291 Mustahik

Bintuhan- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bengkulu bersama Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kaur menyerahkan pendayagunaan ZIS Kepada 291 Mustahik,  Kamis (11/10/2018) Di Masjid Agung Alkahfi.

Menurut Wakil Ketua Baznas Kabupaten Kaur Drs Ansirwan saat memberikan laporan mengatakan bantuan yang diberikan Baznas berjumlah Rp. 225.750. 000 dengan rincian penerima bantuan Bedah Rumah 6 Orang, Sembako 30 Orang, Pemakmur Masjid 35 Orang, Gerobak Usaha 6 Orang, Alat Tangkap Nelayan 8 Orang, Usaha Pertanian 5 Orang, Alat Kesehatan 5 Orang, Pendidikan SD 50 Orang, SMP 90 Orang, SMA 52 Orang, Perguruan Tinggi 4 Orang Ansirwan berharap masyarakat kaur menyalurkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Melalui kesadaran pembayaran zakat, umat muslim telah berpartisipasi dalam pembangunan kesejahteraan umat sekaligus menjalankan tanggung jawab sosial dalam mensejahterakan orang lain yang masih berada dalam kekurangan.

“Mengeluarkan zakat merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu dan telah memenuhi syarat dan ketentuan syariat Islam. Insya Allah dengan penyaluran melalui Baznas, zakat yang telah diserahkan dapat disalurkan kepada para saudara kita yang berhak dan membutuhkan,” katanya.

Meski demikian, ia menyadari, upaya menggali potensi dan optimalisasi peran zakat melalui Baznas belum berjalan maksimal. Banyak faktor yang menjadi kendala, tapi ansirwan berharap ke depannya umat Muslim kabupaten kaur bisa mempercayakan penyaluran zakatnya melalui Baznas. Sementara itu Asisten III Pemda Kaur Ujang Safiri, S.IP yang hadir dalam acara tersebut dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada Baznas yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Kaur. Asisten III berpesan agar bantuan yang telah diberikan oleh Baznas ini dapat bermanfaat dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

“Baznas ini tidak hanya membantu di bidang pendidikan, tetapi ada pula bantuan kesehatan, sosial, maupun rumah layak huni untuk masyarakat. Oleh karenanya atas nama pemerintah saya mengucapkan banyak terimakasih,” ujarnya.Sementara itu, perwakilan Baznas Provinsi Bengkulu Ramadoni Eka putra  menjelaskan bantuan ini berbentuk pemberian uang tunai dan peralatan

“Kita bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Kaur untuk menyalurkan bantuan untuk para mustahik. Semoga bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat” ujarnya. (tp)