Wabup Pantau Tes CPNS Hari Pertama

Tetap- Wakil Bupati Kaur Yulis Suti Sutri, SKM didampingi Sekda Kaur Nandar Munadi, S.Sos, M.Si dan kelapa BKD PSDM Kabupaten Kaur Asman Suhadi, SP memantau langsung pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2018 berbasis CAT di SMPN 8 Kaur, Senin (5/11/2018).

“Hari ini saya hanya mengecek bagaimana proses pelaksanaan yang sedang berlangsung sekaligus memotivasi peserta agar penuh keyakinan dalam melaksanakan tes ini” kata Wabup.

Wabup mengatakan dari peninjauan kali ini ada kendala dalam pelaksanaan CPNS hari pertama, yakni server mengalami gangguan. “Kendala dihari pertama ini ada server yang sempat mengalami gangguan namun sudah diperbaiki” ujarnya.

Wabup menambahkan, dalam pelaksanaan CPNS kali ini, dipastikan akan berjalan adil, bersih dan transparan, karena untuk mendapatkan ASN yang berkualitas harus melalui jalur yang benar benar baik.

Wabup menegaskan tidak ada jalur titipan dalam pelaksanaan tes CPNS ini, baik siapapapun itu.

“Saya pastikan dan menjamin pelaksanaan tes 100 persen berjalan adil apalagi tes langsung dengan sistem digital, jadi tidak akan bisa titip menitip, baik siapapun itu” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKD PSDM Kabupaten Kaur Asman Suhadi, SP mengatakan, dalam pelaksanaan tes CPNS, pihaknya menyediakan 200 komputer. Terbagi dalam 5 ruangan dengan masing-msing ruangan terdapat 40 komputer. Tes CPNS akan berlangsung selama empat hari. Dia melanjutkan, sebelum pelaksanaan tes, para peserta diverifikasi kembali datanya. Bila dianggap sesuai, maka peserta akan mendapatkan name tag. Kemudian peserta diberikan pin user name untuk masuk ke sistem CAT.

Asman juga menjamin bahwa pelaksanaan tes CPNS tidak bisa diintervensi. Sebab, tes penerimaan CPNS menggunakan ruang steril. Di ruangan tersebut para peserta tidak diperbolehkan membawa peralatan apa pun.

Kertas maupun pensil serta bolpoin dilarang untuk dibawa. Tas sudah harus dititipkan ke panitia. Bahkan, panitia menggunakan alat pemeriksaan badan untuk mengatisipasi kecurangan pada pelaksanaan tes CPNS kali ini.

Untuk diketahui bagi peserta seleksi kompetensi dasar cpnsd 2018 syarat untuk bisa menuju tahapan selanjutnya dibutuhkan passing grade 298, dengan rincian tes wawasan kebangsaan (TWK) : 85, Tes Inetelegensia umum (TIU) : 75 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) : 143. (tp)